PROPOSAL USAHA JASA PENCUCIAN SEPEDA MOTOR DAN MOBIL SERTA MINI CAFE “MAHLER“
PROPOSAL
USAHA JASA PENCUCIAN SEPEDA MOTOR DAN MOBIL SERTA MINI CAFE “MAHLER“
KELAS : 4EA35
KELOMPOK :
KELOMPOK 2
1.
Tua
Parlindungan (1A214895)
2.
BahrudinSetama
(12214015)
3.
Khoirul
Anwar (15214870)
4.
Ichsan
Fauzan (15214066)
5.
Diva
Owen ( 1C214787)
6.
ArifSyarifudin(11214608)
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017
PROPOSAL USAHA JASA PENCUCIAN SEPEDA MOTOR DAN MOBIL
SERTA MINI CAFE “MAHLER“
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Motor dan
mobil merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang
saat ini. Mudahnya cara untuk mendapatkan transportasi tersebut, tidak lagi
hanya untuk kalangan menengah keatas namun yang terhitung kalangan menengah
kebawah pun juga dapat mudah untuk memperoleh alat transportasi tersebut.
Murahnya biaya angsuran yang ditawarkan para dealer, sehingga jumlah sepeda
motor atau mobil semakin bertambah. Maka membuka bisnis jasa cuci motor dan
mobil merupakan alternatif yang cukup menjanjikan. Peluang usaha ini bisa jadi
adalah salah satu usaha yang relatif tidak beresiko tinggi. Ditambah cuaca yang
sering berubah dan budaya orang-orang di sekitar. Mungkin kami sering terlintas
dengan jasa cuci motor atau mobil sepertinya sudah banyak akan tetapi jika kami
ingin bersaing dengan mereka tidak terlalu sulit yang penting adalah
pelayanannya, yang harus dibedakan sehingga pelanggan kami benar-benar puas.
Mungkin orang akan jenuh apabila harus menunggu saat pencucian motor atau
mobilnya. Disini kami menampilkan pelayanan yang berbeda. Dalam usaha pencucian
ini kami juga membuka mini cafe yang terletak satu lokasi dengan usaha cuci
motor dan mobil ini. Sehingga ketika menunggu, pelanggan bisa menikmati
secangkir kopi atau makanan ringan yang lain. Kami akan membuka usaha cuci
motor dan mobil dengan nama “mahler”.
Kami memilih bisnis ini karena memang bisnis ini menjanjikan. Banyak orang
yang malas mencuci sendiri kendaraannya. Mereka lebih memilih mengeluarkan
sedikit uangnya untuk memanjakan mobil atau motornya. Apalagi di saat musim
penghujan, kendaraan mereka pasti penuh dengan kotoran dan sulit untuk
dibersihkan sendiri. Memang telah banyak ditemukan di kota-kota besar maupun
kecil tempat pencucian mobil atau motor. Akan tetapi layout atau fasilitasnya
kemungkinan besar hampir sama. Pelanggan hanya duduk menunggu mobil atau motornya
selesai dicuci, mungkin ada yang sambil membaca koran atau bermain smartphonenya.
Di sini kami menginginkan sesuatu yang beda. Kami akan membuat pelanggan betah
dan esok akan kembali lagi ke salon mobil dan motor kami ini. Kami akan
menambahkan fasilitas-fasilitas untuk pelanggan. Saat akhir pekan banyak orang
tua yang mengajak anak-anaknya untuk berlibur, akan tetapi mobilnya mungkin
belum sempat dibersihkan. Dalam waktu menunggu tersebut anak-anak-anak dapat
dimanjakan oleh fasilitas-fasilitas yang kami tawarkan ini. Sehingga mereka
tidak cepat merasa bosan dan mereka kemungkinan besar ingin kembali ke tempat
kami. Selain itu juga, kebiasaan dari anak-anak adalah menceritakan hal-hal
yang mereka anggap menyenangkan kepada teman-temannya. Dan teman-temannya
tersebut meminta kepada orangtuanya untuk datang ke tempat kami. Bertambahlah
pelanggan kami. Fasilitas lain misal, smooking area, cafe lengkap dengan
fasilitas wifi, tempat ibadah atau mushola, ruang tunggu ber-AC beserta
fasilitas membaca koran atau majalah dan wifi, dan lain-lain. Untuk karyawan
atau pekerjanya kami akan memilih mereka yang dapat bekerja keras, jujur,
bertanggungjawab terhadap pekerjaannya, ramah dan sabar dalam menghadapi
pelanggan. Target pasar kami adalah orang-orang yang memiliki kendaraan roda
dua atau empat, bisa pekerja kantoran maupun mahasiswa. Untuk harga kami akan
menyesuaikan dengan fasilitas-fasilitas yang kami tawarkan tersebut. Mungkin
agak lebih mahal sedikit dari salon-salon mobil atau motor pada umumnya. Tapi
kami kira sebanding dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan kepada pelanggan
kami. Kami membuka bisnis ini supaya orang-orang peduli terhadap kebersihan dan
kecantikan mobil maupun motornya.
2. Tujuan
a. Sebagai usaha alternatif.
b. Dapat melakukan usaha dengan baik dan memberikan
manfaat yang besar.
c. Dapat memasarkan usaha cuci steam ini dengan baik.
d. Dapat menjaga kelangsungan usaha dan
mengembangkannya.
3. Manfaat
a. Membantu
mempermudah masyarakat dalam pencucian kendaraan.
b. Membuka
lowongan kerja.
c.
Meningkatkan pendapatan masyarakat.
BAB II
ANALISIS
USAHA
1. Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk
mengevaluasi kekuatan (strenghts), kelemahan (weaknesses), peluang
(opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi
bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi
bisnis atau proyek yang mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang
mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Dalam merencanakan bisnis salon mobil dan motor ini, kami juga memikirkan
apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman selama kami
menjalankan bisnis ini.
A.
Strenghts (Kekuatan).
Strenghts merupakan kondisi kekuatan
yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan
yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek,
atau konsep bisnis itu sendiri.
B.
Weaknesses (Kelemahan).
Weaknesses merupakan kondisi
kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek, atau konsep bisnis yang ada.
Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi,
proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.
C.
Opportunities (Peluang).
Opportunities merupakan kondisi
peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjasi merupakan
peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
D.
Threats (Ancaman).
Threats merupakan kondisi yang
mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek, atau
konsep bisnis itu sendiri.
Bagan
Analisis SWOT
Strengths (Kekuatan)
|
Weaknesses (Kelemahan)
|
a) 1. Kami memberikan fasilitas-fasilitas kepada
pelanggan yang mana belum tentu ditemukan pada tempat pencucian kendaraan
lain.
2. Karyawan-karyawan kami ramah, sabar, pekerja
keras, dan dapat bertanggungjawab.
3. Harga yang akankami tawarkan sebanding dengan
fasilitas-fasilitas yang didapat oleh pelanggan.
|
a) 1. Fasilitas-fasilitas yang mudah
rusak sehingga butuh banyak biaya untuk perbaikan.
b) 2. Pada musim panas jarang orang yang
mencucikan motornya.
c) 3. Biaya untuk membayar semua fasilitas
pelanggan dan karyawan tinggi.
e) 4. Jika terjadi lecet atau tergores pada cat
mobil, butuh biaya lebih untuk mengecatnya kembali.
|
Opportunities (Peluang)
|
Threats (Ancaman)
|
a) 1. Banyaknya orang-orang yang malas untuk
membersihkan atau mencuci sendiri kendaraannya, sehingga menjadi peluang
untuk kami.
b) 2. Orang tua memilih mencucikan mobil atau
motornya di tempat kami karena anak-anaknya yang meminta, atau mereka
menginginkan anaknya nyaman dan tidak bosan.
c) 3. Pada musim hujan, banyak kendaraan yang
kotor akibat cipratan air atau kehujanan juga pada musim kemarau banyak debu
yang berterbangan.
|
a)
1. 1. Banyak orang yang lebih memilih tempat lain
karena harganya lebih murah.
2. Masih banyak orang yang kurang peduli dengan
kecantikan mobil dan motornya (demand masih rendah).
|
2. Solusi
Jalan keluar yang akan kami lakukan
untuk mengatasi kelemahan usaha ini adalah:
a. Menekan biaya dengan cara
melakukan efisiensi bahan habis pakai.
b. Melakukan promosi secara maksimal
ke masyarakat.
c. Memberikan pelayanan prima kepada
konsumen.
d. Menghimbau kepada operator cuci
agar selalu berhati-hati ketika melakukan proses pencucian
BAB III
PROFIL PERUSAHAAN
1.
Data
Perusahaan
A.
Deskripsi umum
Nama
Perusahaan
: Perusahaan Perorangan MAHLER
Alamat Perusahaan : Jalan Pulomas Raya No. 57, Jakarta
Nama Pemilik
:
.................................
Domisili
Pemilik : Kota Jakarta
Nama Penanggungjawab :...............................
Jenis
Usaha
: Jasa
Pencucian Sepeda Motor dan Mobil serta mini cafe.
No.
Telepon
: 089 628
963 961
Modal Usaha
: Rp. 150.000.000,00
Jumlah Karyawan
: 9
orang
Luas Tempat Usaha : 150 m2
Nama Pemilik Tanah/
Bangunan Tempat
Usaha : .............................
Status Kepemilikan : Sewa
selama 2 tahun dan dapat diperpanjang
B.
Riwayat perusahaan
Mahler merupakan perusahaan yang
bergerak di bidang jasa pencucian sepeda motor dan mobil yang disertai mini
cafe untuk memberi kenyamanan bagi para pengunjung pada saat menunggu proses
pencucian mobil atau motornya. Mahler ini akan beroprasi mulai 1 November
2017. Jam buka Setiap hari pukul 10.00 s.d 17.00 WIB kecuali hari Senin
libur.
C.
Visi dan misi perusahaan
1. Visi
Menjadikan “Mahler” menjadi salah satu perusahaan yang paling maju, produktif, dan berkompetitif
di
Indonesia.
2.
Misi
a.
Memberi
pelayan prima pada konsumen.
b.
Menciptakan tenaga kerja yang ahli dan kompeten dalam
bidangnya, serta memiliki iman dan
taqwa, ilmu
pengetahuan dan teknologiyang kuat.
c.
Menjadi perusahaan yang terdepan di bidangnya.
d.
Memperluas lapangan kerja untuk kemakmuran masyarakat sekitar “Mahler” pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
E.
Jenis Usaha yang Direncanakan
Kami sepakat untuk membuat suatu usaha di bidang jasan yaitu jasa pencucian mobil dan motor yang dilengkapi dengan
mini cafe serta WiFi Area. Jenis pelayanan pencucian yang kami sediakan antara lain
pencucian mobil, dan pencucian motor. Kami yakin
usaha ini akan berkembang dengan baik karena inovasi-inovasi
yang kami tambahkan antara lain pelayanan prima pada setiap proses
pencuciannya, penyediaan mini cafe dan WiFi Area, akan menambah
kenyamanan para pengunjung dalam menunggu proses pencucian mobil atau motornya
sehingga tidak menimbulkan rasa bosan, karena bisa menunggu sambil makan, minum
atau sekedar menggunakan layanan WiFi Area yang telah kami sediakan,
dan hasil pencucian mobil atau motor yang bersih.
2. Struktur Organisasi
Berikut daftar pengelola perusahaan sekaligus rincian tugas yang akan
dilakukan:
1. Pemilik usaha :
Menyetorkan uang
tunai Rp. 150.000.000,00 sebagai modalnya pada usaha ini.
2. Penanggungjawab :
a. Memimpin
jalannya usaha.
b. Mengadakan
brefing setiap awal minggu (selasa pagi) dan evaluasi kinerja setiap akhir minggu
(minggu sore).
Gaji Rp.
1.500.000,00 perbulan
3. Bagian Administrasi, Umum dan
Pemasaran :
Menyimpan dan
mengurus data administrasi perusahaan serta legalitasnya.
Gaji Rp. 1.200.000.,00
4. Bagian Keuangan :
Menyusun laporan
keuangan perusahaan
Gaji Rp. 1.100.000,00
perbulan
5. Bagian Operator :
Memimpin dan
mengawasi pelaksanaan pencucian.
Gaji Rp. 1.000.000,00
perbulan
6. Operator Cuci 2 orang bertugas
melaksanakan pencucian motor dan mobil
Gaji @ Rp. 800.000 =
Rp. 1.600.000 perbulan
7. Kasir dan Waitress masing-masing
1 orang bertugas di mini café.
Gaji @ Rp.
650.000 = Rp. 1.300.000 perbulan
BAB IV
RENCANA
USAHA
1.
Produk
A. Jasa Pencucian
a. Cuci sepeda motor (termasuk poles + semir ban) Rp. 10.000,00
b. Cuci mobil (termasuk poles +semir
ban)
Rp. 40.000,00
c. Jasa tambahan yaitu isi angin/ air
radiator
gratis
B. Mini Café
a. Menu makanan
Mie instant rebus/ goreng
Rp. 4.500,00
Mie instant rebus/ goreng +telur
Rp. 7.000,00
Roti
bakar
Rp. 4.500,00
Pisang
bakar
Rp. 4.500,00
Aneka Camilan
Rp. 1.000,00
b. Menu Minuman
Kopi
susu
Rp. 4.000,00
Kopi
Rp. 2.500,00
Es teh/ teh
anget
Rp. 2.000,00
Es jeruk/ jeruk
anget
Rp. 2.500,00
Soft
drink
Rp. 3.500,00
Air
Mineral
Rp. 2.500,00
Jus
Buah
Rp. 5.000,00
2. Fasilitas dan
Keunggulan
Fasilitas
yang kami tawarkan yaitu Free Wi-fi, ruang tunggu nyaman (outdoor dan indoor),
full music, tv dan kipas angin, surat kabar, toilet dan mushola.
Keunggulan dari usaha kami yaitu:
a. Lokasi yang strategis yaitu di
tepi jalan lokal yang dilalui banyak pengendara motor dan mobil serta merupakan
jalur cepat.
b. Tempat usaha luas, selalu terjaga
kebersihan dan kenyamanannya.
c. Air yang digunakan untuk mencuci
dan untuk cafe berasal dari sumur bor sehingga bersih.
d. Mempekerjakan tenaga ahli serta
berpengalaman di bidangnya.
e. Menerapkan sistem kerja pelayanan
prima, yaitu melayani dengan sepenuh hati dan tidak ada istirahat karyawan
(shift).
3. Prospek Pasar dan Strategi
pemasaran
Calon konsumen merupakan masyarakat Kabupaten Bantul dan luar daerah, pengguna
cuci mobil dan motor, pelajar/ mahasiswa, wisatawan, karyawan, dan masyarakat
umum lainnya.
Strategi pemasaran yang kami gunakan yaitu:
a. memasang papan nama yang cukup
besar dan jelas sehingga calon konsumen dapat dengan mudah melihat dan
membacanya
b. menyebarkan brosur penawaran di
temapt-tempat yang di jumpai calon konsumen
c. memasang iklan baris di surat
kabar
d. dari mulut ke mulut
4. Keuangan
Modal
awal
Rp. 150.000.000,00
Peralatan cuci dan pemasangan Rp. 50.000.000,00
Perlengkapan
cuci
Rp. 6.000.000,00
Sewa tempat untuk 2 tahun Rp.
20.000.000,00
Asuransi untuk 1 tahun
Rp. 6.000.000,00
Biaya
perijinan
Rp. 2.000.000,00
Meja dan kursi
tunggu
Rp. 6.000.000,00
Seragam operator
cuci
Rp. 1.500.000,00
Etalase sedang 2
unit
Rp. 1.500.000,00
Kompor gas 2 tungku 1 unit Rp.
300.000,00
Blender 1
unit
Rp. 200.000,00
Peralatan
tambahan
Rp.
350.000,00
Peralatan
saji
Rp.
200.000,00
Bahan baku (untuk
café)
Rp. 150.000,00
Bahan pelengkap
Rp. 185.000,00
Total
anggaran
Rp. 94.385.000,00
Kas
ditangan
Rp. 55.615.000,00
Anggaran pendapatan bulan pertama
Pendapatan cuci motor 30 hari (15 x Rp. 10.000,00) Rp. 4.500.000,00
Pendapatan cuci mobil 30 hari (5 x Rp. 40.000,00) Rp. 6.000.000,00
Pendapatan penjualan mini café (30 x Rp. 250.000,00) Rp.
7.500.000,00
Total pendapatan
perbulan
Rp.18.000.000,00
Anggaran biaya bulan
pertama
Biaya gaji
karyawan
Rp. 7.700.000,00
Biaya listrik, air dan
telepon
Rp. 550.000,00
Biaya perlengkapan
Rp. 2.000.000,00
Biaya penyusutan peralatan usaha Rp.
900.000,00
Biaya
sewa tempat
Rp.
625.000,00
Biaya
asuransi
Rp.
500.000,00
Biaya
adm, umum dan
pemasaran Rp.
350.000,00
Biaya tak terduga lainnya Rp.
200.000,00
Total
biaya
Rp. 12.825.000,00
Laba sebelum pajak Rp. 18.000.000,00
- Rp. 12.825.000,00 = Rp. 5.175.000,00
Pajak penghasilan 5% = Rp.
258.750,00
Laba bersih Rp. 4.916.250,00
BAB V
PENUTUP
1.
Rencana Pengembangan Usaha
Dalam
pengembangan usaha jasa pencucian motor dan mobil yang kami rencanakan ini,
untuk setiap tahunnya kami akan menyimpan laba yang diperoleh selama satu tahun
dan untuk tahun kedua kami berencana untuk membuka cabang baru, apabila usaha
yang kami jalankan ini ditahun pertama berjalan dengan lancar dan mendapatkan
keuntungan yang besar. Agar mendapatkan keuntungan yang besar serta menarik
para pelanggan, kami akan menawarkan beberapa promosi disetiap harinya dengan
promosi yang lebih menarik lagi tentunya, sehingga pelanggan tetap tertarik
untuk mencuci motor dan mobil ditempat usaha kami. Meningkatkan pelayanan yang
bagus, serta menyajikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.
2.
Kesimpulan
Usaha yang
kami rencanakan adalah Usaha Jasa Pencucian Motor dan Mobil. Usaha Jasa
Pencucian Motor dan Mobil ini mempunyai prospek yang cerah dengan sasaran utama
adalah semua kalangan masyarakat, baik anak muda maupun dewasa.
Untuk mendukung usaha ini, kami telah melakukan analisis SWOT, untuk
menganalisis seberapa besar peluang usaha tersebut dan mengetahui seberapa
besar hambatan ataupun resiko yang mungkin terjadi. Kesibukan orang yang begitu
padat sehingga tidak ada lagi waktu untuk mencuci motor dan mobil mereka, dan
cara terbaik adalah menyerahkan urusan cuci motor dan mobil kepada jasa usaha
pencucian kendaraan bermotor. Apalagi usaha yang kami rencanakan ini terdapat
tempat untuk bersantai bagi para pelanggan, sehingga untuk para pelanggan yang
sedang menunggu motor atau mobil yang sedang dicuci mereka bisa menunggu sambil
minum kopi, nonton tv, makan, dan tersedia jaringan wifi dengan runagan yang
nyaman. Sehingga rasa jenuh dan bosan itu hilang ketika menunggu cucian motor
dan mobil selesai dikerjakan.
Komentar
Posting Komentar